top of page

Kuasai Share of Voice: Kunci Memenangkan Perhatian di Pasar yang Kompetitif

Di era digital yang dipenuhi berbagai merek, bersaing untuk mendapatkan perhatian konsumen adalah sebuah tantangan besar. Share of Voice (SOV) adalah metrik penting yang mengukur seberapa terlihat kehadiran merek Anda di tengah lanskap persaingan. SOV memegang peranan penting dalam saluran penjualan Anda – tanpa SOV yang kuat, sulit untuk menangkap minat calon pelanggan di tahap awal.


Share of voice

Mengapa SOV Penting bagi Saluran Penjualan (Sales Funnel)

Saluran penjualan merepresentasikan perjalanan pelanggan dari tahap awal kesadaran (awareness) hingga pembelian. Jika konsumen tidak menyadari keberadaan Anda, mereka tidak akan memasukkan merek Anda ke dalam pertimbangan, sehingga mustahil untuk terjadi konversi penjualan.


Mengukur SOV

Untuk melacak SOV, Anda memerlukan kombinasi dari beberapa alat berikut:

  • Social Listening: Awasi percakapan online untuk mengetahui seberapa sering merek Anda disebutkan relevan dengan industri Anda.

  • Media Monitoring: Pantau liputan pers, artikel berita, dan ulasan untuk mengidentifikasi penyebutan merek Anda.

  • Analisis Kompetitor: Bandingkan frekuensi munculnya nama merek Anda dengan pesaing utama Anda.

  • Contoh Kalkulasi: Jika terdapat 800 penyebutan online terkait dengan industri Anda dalam sebulan dan merek Anda disebut sebanyak 160 kali, maka SOV Anda adalah 20%.


Strategi Meningkatkan SOV

  • Content Marketing: Ciptakan konten berharga dan menarik yang sesuai dengan minat audiens target Anda. Konten berkualitas mendorong penyebaran organik.

  • PR & Media Relations: Jalin hubungan dengan media dan dapatkan liputan positif di publikasi yang relevan.

  • Targeted Advertising: Investasikan anggaran pada iklan untuk menjangkau pelanggan ideal Anda dengan tepat.

  • Influencer Partnerships: Manfaatkan jangkauan influencer di bidang Anda untuk meningkatkan eksposur merek dan membangun kredibilitas.


Studi Kasus: Brand Sepatu Allbirds

Allbirds, produsen sepatu ramah lingkungan, mengalami pertumbuhan pesat dalam beberapa tahun terakhir, sebagian didorong oleh Share of Voice yang kuat. Strategi mereka berfokus pada:


  • Sustainability Messaging: Menekankan komitmen terhadap bahan-bahan alami, menjadikan mereka pilihan menarik bagi konsumen yang sadar lingkungan. Ini menciptakan diferensiasi SOV yang kuat.

  • Influencer Marketing: Bekerja sama dengan mikro dan makro influencer di industri fashion dan lifestyle untuk menghasilkan buzz dan ulasan autentik.

  • Content Marketing: Memproduksi konten informatif dan menarik tentang sustainability di blog dan media sosial.


Hasil:

  • Pertumbuhan pesat dalam online mentions dan earned media coverage.

  • Peningkatan signifikan dalam branded search volume (bukti brand awareness).

  • Penjualan yang meroket, mengukuhkan posisi mereka sebagai pemimpin pasar di kategori sepatu sustainable.


Kesimpulan

Peningkatan SOV bukan sekedar angka, namun berdampak langsung pada lead generation dan pertumbuhan bisnis Anda. Mengingat pembangunan brand adalah upaya jangka panjang, lacak SOV Anda secara konsisten dan lakukan langkah proaktif untuk meningkatkan posisi Anda di pasar. Ingat, SOV yang kuat adalah kunci utama untuk memenangkan persaingan dan mencapai kesuksesan bisnis. Untuk artikel berikutnya kita akan membahas lebih detail mengenai bagaimana mengukur SOV. Jika Anda tertarik dalam workshop one on one tentang digital marketing untuk mendalami topik yang Anda minati, silakan book jadwal Anda di bawah ini



Comments


bottom of page