top of page

Tingkatkan Brand Awareness Anda dengan Google Search Console

Updated: Mar 19

Kemarin, kita sudah membahas Branded Search Volume (BSV) sebagai KPI penting untuk brand awareness. Untuk mengoptimalkan BSV, Google Search Console (GSC) adalah alat wajib yang perlu kita pahami


Google Search Console

Google Search Console (GSC), adalah layanan luar biasa dari Google yang benar-benar gratis. Bayangkan, Google memberikan kita alat untuk melihat bagaimana website kita berperforma di mata Google Search, layaknya memiliki seorang guru pribadi yang memandu kita dalam dunia SEO yang luas dan kompleks.

Mengapa Google Search Console Begitu Penting?

  1. Deteksi & Troubleshooting Masalah SEO: Google Search Console seperti dokter yang handal untuk website kita. Ia bisa mengidentifikasi berbagai masalah teknis, seperti halaman yang tidak terindeks, masalah keamanan, atau kesalahan dalam file robots.txt, yang mungkin menghalangi website kita dari tampil di puncak hasil pencarian. Dengan GSC, kita bisa mendeteksi masalah ini lebih awal dan memperbaikinya, seolah-olah kita memiliki alat deteksi dini untuk kesehatan website kita.

  2. Pemantauan Performa di Google Search: GSC menyajikan kita dengan laporan yang detil tentang bagaimana website kita tampil di Google Search—mulai dari jumlah tayangan, klik, hingga rasio klik-tayang (CTR). Ia seperti laporan bulanan yang menunjukkan seberapa baik performa kita di mata Google, memberi kita wawasan untuk terus meningkatkan.

  3. Analisis Kueri Pencarian: Dengan Google Search Console, kita bisa mengintip kata kunci apa saja yang dipakai orang untuk menemukan website kita. Ini seperti mendapatkan akses ke pikiran pengunjung kita, memahami apa yang mereka cari, dan bagaimana kita bisa lebih baik lagi dalam memenuhi kebutuhan informasi mereka.

  4. Pengelolaan Sitemap: Bayangkan sitemap sebagai peta harta karun website kita yang membantu Google memahami struktur website kita dengan lebih baik. GSC membantu kita dalam membuat dan mengelola sitemap ini, memastikan bahwa Google bisa dengan mudah menemukan dan mengindeks semua halaman penting di website kita.


Mengapa Google Search Console Penting untuk Brand Marketing dan Organic Traffic Channel?


Untuk Bikin Brand Kamu Makin Dikenal

Bayangin, ya, GSC itu kayak teman baik yang selalu kasih tahu rahasia-rahasia kecil tentang apa yang orang suka dari brand kamu. Ia bisa bilang, "Eh, tahu nggak sih, banyak orang nih yang nyari tentang topik X dan Y, dan mereka bisa lho, nemu website kamu lewat itu." Dengan begitu, kamu bisa jadi lebih paham gimana cara bikin konten atau SEO yang bisa bikin brand kamu makin bersinar di mata pencari.


  • Mengoptimalkan Kata Kunci: GSC membantu kamu menemukan dan memilih kata kunci yang pas banget untuk target audience kamu. Kayak punya peta harta karun yang menunjukkan di mana kamu harus menggali untuk menemukan emas.

  • Ngintip Strategi Kompetitor: Kamu juga bisa loh, melihat bagaimana performa kata kunci kamu dibandingkan dengan pesaing. Ini membantu kamu untuk mengasah strategimu agar lebih tajam dan membuat brand kamu makin diperhitungkan.

Dorong Traffic Organik ke Website Kamu

Website itu ibarat rumah online kamu, dan tentunya kamu ingin banyak tamu yang berkunjung, kan? Nah, GSC itu seperti pemandu yang menunjukkan jalan agar tamu-tamu ini bisa menemukan rumah kamu dengan mudah.

  • Mengatasi Masalah SEO: GSC memberitahu kamu jika ada sesuatu yang nggak beres dengan website kamu, seperti link yang rusak atau halaman yang lama banget loadingnya. Dengan begitu, kamu bisa segera memperbaikinya dan membuat pengunjung betah berlama-lama.

  • Memperbaiki Halaman yang Udah Oke: Ada halaman di website kamu yang udah lumayan bagus performanya? GSC bisa kasih tahu cara buat halaman itu jadi juara, sehingga lebih banyak lagi orang yang datang berkunjung.

Pahami Lebih Dalam tentang Pengunjung Website Kamu

GSC nggak cuma tentang angka dan data doang, lho. Ia juga bisa kasih kamu insight tentang apa yang diinginkan dan dicari oleh pengunjung website kamu, sehingga kamu bisa buat mereka makin senang dan betah.

  • Analisis Kueri Pencarian dan Halaman Populer: Dengan melihat apa yang dicari orang dan halaman mana yang mereka sukai, kamu bisa jadi lebih kreatif dalam membuat konten yang bikin mereka bilang, "Wah, ini dia yang aku cari!"

  • Membuat Pengalaman Pengguna yang Lebih Baik: Mengetahui bagaimana pengunjung berinteraksi dengan website kamu memberi kamu kesempatan untuk memperbaiki dan meningkatkan pengalaman mereka. Ini penting banget agar mereka nggak cuma datang sekali, tapi balik lagi dan lagi.


Google Search Console

Metrik Google Search Console yang Perlu Kamu Tahu

  1. Tayangan: Si Pengukur Popularitas Bayangkan tayangan ini seperti berapa kali website kamu nongol di layar orang-orang yang lagi googling. Semakin sering muncul, artinya website kamu itu lho, kayak selebriti di dunia Google. Ini penting banget buat kamu yang ingin meningkatkan visibilitas brand.

  2. Klik: Tanda Kedatangan Tamu Nah, kalau orang udah tertarik dan klik website kamu dari hasil pencarian, itu artinya kamu berhasil mengundang mereka untuk mampir. Makin banyak klik, makin banyak juga tamu yang datang. Seru, kan?

  3. Rasio Klik-Tayang (CTR): Pesta Kejutan CTR ini kayak pesta kejutan buat kamu. Dia ngasih tahu berapa persen dari orang yang melihat website kamu di hasil pencarian, terus memutuskan untuk 'mampir'. Jika CTR tinggi, berarti kamu berhasil bikin orang penasaran dan ingin tahu lebih banyak.

  4. Posisi Rata-rata: Tempat Duduk VIP Posisi rata-rata ini menunjukkan di mana sih 'kursi' website kamu di 'teater' hasil pencarian Google. Semakin depan, semakin kelihatan. Dan tentunya, kamu ingin website kamu duduk di barisan paling depan, kan?

  5. Kueri Pencarian: Peta Harta Karun Ini dia, peta harta karun yang menunjukkan kata kunci apa aja sih yang bikin orang bisa temukan website kamu. Semakin kamu mengerti kueri pencarian ini, semakin kamu bisa mengarahkan strategi konten yang pas buat audiens.

Contoh Kasus: CTR Kamu Lagi Sedih 😢

Misalnya nih, kamu perhatikan CTR website kamu lagi menurun. Wah, ini tandanya kamu harus segera bertindak!

  • Analisis Data GSC: Cek dan ricek kata kunci mana yang CTR-nya kurang ceria. Ini penting banget buat langkah selanjutnya.

  • Perbaiki Konten: Ini saatnya kamu jadi detektif konten. Pastikan kontenmu itu relevan, menarik, dan memberi nilai tambah buat pengunjung. Tanyakan pada diri kamu, "Apa yang bikin mereka ingin klik?"

  • Optimalkan SEO: Mulai dari judul yang catchy, meta description yang menggoda, sampai konten yang penuh dengan kata kunci relevan tapi tetap natural. Ini seperti bumbu rahasia yang bikin orang nggak bisa tahan untuk 'mencicipi' website kamu.

  • Pantau dan Ukur: Jangan lupa untuk terus memantau perubahan CTR. Lihat apakah strategi kamu berhasil. Ingat, ini proses yang terus-menerus, bukan sekali jadi.

Kesimpulan: Jadilah Bintang Google dengan Google Search Console 🌟

Nah, itu dia sobat, sebuah panduan lengkap tentang metrik GSC dan cara menggunakannya untuk memastikan website kamu berkilau di Google. Dengan memahami dan mengoptimalkan metrik-metrik ini, kamu bisa meningkatkan brand awareness, mendorong lebih banyak traffic organik, dan secara keseluruhan, membuat website kamu jadi superstar di Google. Jadi, ayo pakai Google Search Console sebagai sahabatmu dalam petualangan digital, dan siap-siap untuk melihat website kamu bersinar! Keep exploring and keep optimizing, ya! 🚀 Jika Anda tertarik dalam workshop one on one tentang digital marketing untuk mendalami topik yang Anda minati, silakan book jadwal Anda di bawah ini



8 views0 comments

Commentaires


bottom of page